Terlalu Lama Online Meningkatkan Resiko Depresi Pada Remaja

Seiring dengan kemajuan zaman, internet telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari dan menjadi sarana pergaulan yang “in” di mata para remaja. Banyak waktu dihabiskan para remaja untuk online dan bermain di dunia maya ini. Tapi menurut penelitian, remaja yang terlalu lama online malah meningkatkan resiko depresi.

Penelitian yang dipublikasikan di Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine ini dilakukan di Australia dan China dimana dilakukan pengamatan pada 1041 remaja yang sering melakukan kegiatan online. Hasilnya adalah anak yang sering online bahkan punya kecendrungan untuk selalu online memiliki resiko terkena depresi dan gangguan mental lainnya 2,5 kali lebih banyak daripada yang bermain secara normal.

Hal ini semakin nyata bila alasan online adalah untuk bermain dan bergaul, remaja yang online dengan alasan ini lebih tinggi resikonya untuk menderita depresi. Karena itu mulailah mengurangi kegiatan beronline ria dan perbanyaklah aktivitas fisik dan sosialisasi nyata agar hidup semakin bahagia dan terhindar dari depresi.

Sumber :

Bill Hendrick. Agustus 2010. Internet Overuse May Cause Depression. Available at http://www.webmd.com/depression/news/20100802/internet-overuse-may-cause-depression

No comments:

Post a Comment