Backpacker To Makassar (Part 3)

Part Sebelumnya, klik disini ya ( --- PART 1  {part paling gak penting. haha} --- | --- PART 2 --- )
Dari semua part yang gue tulis, rangkuman biayanya gue jelasin disini.


Sabtu, 25 Mei 2013

Hoaammm... bela-belain bangun pagi demi terpenuhinya semua jadwal jalan gue. Hehe. Alasan lainnya sih gue mau liat-liat suasana pagi Makassar dari teras atas wisma Faris.

Pemandangan dari Lantai 3 Wisma Fariz

Pemandangan dari Lantai 3 Wisma Fariz

Udah puas bersantai sambil sarapan pagi, gue langsung siap-siap buat berangkat.

Itinerary yang udah gue susun :
07.00 – 07.30 : Sarapan Mie Titi (Rp. 15.000/porsi). Mie ini khas banget di Makassar. Kuahnya kental banget (kayanya sih campuran telur sama tepung maizena) dengan mienya yg digoreng, jadi kriyuk-kriyuk ditambah sama sawi rebus, daging ayam, dan udang. Enak banget lah pokoknya. Gak nyesel deh.

Mie Titi


08.00 – 09.00 : Benteng Fort Rotterdam (Masuk Gratis). Sejarahnya bisa kalian baca di wikipedia ya. Haha. Yang pasti kalau lagi musim kemarau, kesini pagi-pagi aja. Biar bisa eksplore semua sudutnya. Jangan lupa buat masuk ke lorong penjaranya. Pengalaman berbeda banget lah kalau spot disitu.
Fort Rotterdam


09.00 - 10.00 : Musium Lagaligo (Tiket Masuk Rp. 5.000). satu kompleks sama Fort Rotterdam. Iya, didalamnya. Jadi sekalian kalau mau liat budaya Makassar seperti apa. Mulai dari alat rumah tangga, baju adat, perlengkapan pernikahan bugis dipajang disini. Lumayan buat nambah ilmu dan bahan pertimbangan kamu kalau mau nikah sama orang bugis. haha

Musium Lagaligo
Perlengkapan Pernikahan Adat Bugis





































10.00 – 12.00 : Trans Mall Makassar (Parkir Rp. 3.000). ini mall gabung sekalian sama Trans Studio. Isinya sih kebanyakan tenant-tenant branded. Kalau buat jalan-jalan aja sih ya lumayan cuci mata lah. Tapi kalau budget standar, ya ga usah belanja disini deh. Haha. Arsitektur sama desain interiornya bagus. Tapi gue malas mau foto-foto. haha

Lobby Mall Trans Studio

12.00 – 16.00 : Trans Studio Makassar (Tiket Masuk Weekend Rp. 175.000 Sepuasnya permainan di dalamnya. Kalau hari biasa Rp. 150.000). nah, tujuan utamanya sih kesini. Ada kurang lebih 20 permainan yang bisa dimainin gratis, tanpa biaya tambahan lagi selain biaya masuk tadi, asal antri. Hehe. Yang paling menarik sih Rumah Hantu, mini roller coster, Anti-G (dari ketinggian 8 m diturunin mendadak), Jelajah (ini agak basah), studio 4D, bomcar, sama labirin cermin. Itu yang sempet gue cobain sampe 2 kali. Sisanya sih standar buat anak-anak. Haha. Oh iya, kalau mau sholat disini ada mushola deket sama bianglala. Terus kalau masuk, jangan lupa bawa minum ya. Soalnya harga didalam mahal banget. Kalau udah masuk, ga boleh keluar. Soalnya itungannya mesti bayar lagi. hehe

Tiket Perjalanan Gue Sehari ini
Harus Foto :)

16.30 – 17.30 : Pantai Akarena (Parkir Rp. 2.000). Cuma liat bentaran aja sih.ga sempat mau keliling. Udah keburu capek gara-gara Trans Studio. Hehe. Spot yang bagus liat sunset atau mau foto. Dengan blok tulisan akarena yang memanjang.

17.30 – 18.30 : Pantai Losari. Buat ngeliat sunset disini. Sayang banget pas gue dateng, cuaca mendung. Gak terlalu keliatan sunsetnya. Tapi lumayan buat nikmatin pisang eppe (Rp. 2.000/buah) dan minum capuccino (Rp.5.000/gelas).

Cukup lah buat jadi objek foto
18.30 – 20.00 : Jalan Somba Opu (belanja oleh – oleh. Dengan pesanan kalap teman-teman gue dan orang-orang rumah, gue habis duit Rp. 500.000. btw, gue juga dapat batik khas Toraja harganya Rp. 120.000. gue emang niat buat ngumpulin oleh-oleh batik dari tiap daerah yang gue datangin). Dijalan ini pusat oleh-oleh Makasaar dari baju sampai makanan. Yang terkenal sih kacang disko dan minyak tawonnya. Minyak Tawon ini salah satu obat gosok tradisional yang dipercaya buat mengatasi pegel, masuk angin, dan sakit kepala. harganya kalau gak salah sekitar 100 ribu per botol. Kalau mau belanja kaos dan daster juga murah. Kisaran 30-60 ribu. Atau songkok khas bugis, sekitar 50 ribu. Btw, cuaca lagi gak bagus. Ujan gerimis L.

20.00 – 21.30 : Mall Panakukkang (Parkir Rp. 3.000). mall terbesar di indonesia bagian timur. Kalau gak salah ada 7 lantai. Gue Cuma liat-liat aja. Soalnya gue bukan tipe travelista fashion yang mesti jalan-jalan di mall. Haha

21.30 – 22.30 : Makan Malam. Gue nyobain beberapa makanan khas Makassar, Sop Konro, Palubassa, dan es Palubutung. Semuanya gue bayar Rp. 75.000. yah, lumayan. Haha.

Sop Konro
Es Palubutung / Es Pisang Ijo


Palu Basah
22.30 : balik ke Penginapan. Udah terlalu lelah untuk hari ini. Haha



Minggu, 26 Mei 2013
Kali ini bangun lebih pagi lagi. Dari jam 04.30. haha. Mata masih sepet, badan masih pegel. Tapi niatin buat bisa sholat subuh di masjid Amirul Mukminin.

05.00 – 05.30 : Sholat Subuh di Masjid Amirul Mukminin. Masuk gratis. Masjid ini katanya baru diresmikan tahun 2012. Salah satu masjid terapung di Indonesia selain masjid di Palu. Dibilang terapung kalau pas lagi air pasang, bakal keliatan kaya ngambang di atas air. Interiornya bagus, sayang gue gak sempat foto-foto gegara baterai habis. Kalau mau liat sunset pas banget nih sambil nunggu magrib. Tapi kalau sunrise, gak boleh masuk. Abis subuh langsung dikunci nih areal masjidnya.

Masjid Amirul Mukminin

05.30 – 08.00 : Pantai Losari (Parkir Rp. 2.000). Kalau hari minggu jadwalnya Car Free Day, jadi segala macam pedagang tumpah ruah disini. Masyarakatnya juga ada acara senam pagi dan jalan santai. Gue sempatin buat foto-foto. Kemarin kehalang ujan. Haha. Btw, gue ga sempat buat foto ikon tulisan pantai losari dari depan. Soalnya ada stage kampanye walikota Makassar sih. L

Sultan Hasanuddin
Gak Bisa Foto Full :(





















08.30 –  09.00 : balik ke wisma. Mandi dan nungguin jemputan taksi Bosowa lagi. Taksinya on-time sesuai jam yang gue minta. Langsung capcus bandara sultan Hasanuddin. Soalnya penerbangan gue, Lion AIR jam 10.30 (dapet tiket mepet harganya 350ribu). gak sempet juga buat foto di patung sultan hasanuddin sebelum masuk bandara L.

Harus Foto Juga :)
09.30 : sampai di bandara, check in dan foto-foto di bandara. Haha. Gue sempat kenalan sama mas Heri dari Surabaya yang lagi mau backpackeran ke Makassar. Yah saling gantian buat foto deh. Haha. Sambil nunggu, gak lupa foto-foto ruang tunggu yang megah banget.

Ruang Tunggu Penumpang. waaahhhhhh

Ruang Check In



10.30 – 11.30 : Penerbangan yang alhamdulillah On Time. Dan sampai di balikpapan. Selanjutnya pake travel prima ke samarinda.

Makassar dari Udara


Dari semua perjalanan gue itu, Jadi pengeluaran gue sekitar :

-          Pesawat  Lion Air PP : 300 + 350 = Rp. 650.000
-          Wisma Faris : 2 malam x 125 = Rp. 250.000
-          Taksi Bandara – Wisma (Taksi Bosowa Argo) : 2 x 65 = Rp. 130.000
-          Travel BPN – SMD (Travel Prima) : Rp. 100.000
-          Airport Tax : 40 + 40 = Rp. 80.000
-          Tiket Masuk : Rp. 190.000
-          Oleh – Oleh : Rp. 500.000
-          Makan : 15 + 20 + 75 = Rp. 110.000
-          Transportasi : Motor + Bensin = Rp. 150.000 (bisa sewa motor sama pemilik wisma)

Total keseluruhannya jadi Rp. 2.160.000. yesssss, sesuai target budget gue. (walaupun kalau gak pake oleh-oleh bisa lebih murah lagi). Haha. Lumayan banget nih buat explore city aja dengan liburan sesingkat ini. Dan pengalaman pertama gue buat lanjut ke traveling gue selanjutnya.


Jangan lupa lagi buat baca semua pengalaman gue + itinerary gue di Pulau Jawa ya !!!!!

No comments:

Post a Comment