Backpacker to Makassar (Part 2)

Kembali lagi di part 2
Lama gak ngelanjutin cerita traveling singkat gue di Makassar (kan kemarin baru -- part 1 -- yang gak penting sama sekali), akhirnya keyboard laptop gue bisa diajak join lagi buat mencurahkan isi kepala yang udah kemana-mana pengen ditumpahin ini.

Jumat, 24 Mei 2013

Yap, udah hampir satu setengah tahun yang lalu. Tapi ya gue masih ingat persis. Soalnya ini pengalaman pertama gue buat solo traveling. Sama sih kaya yang baru malam pertamaan, pasti ingat persis. Haha

Sebenarnya gue hari itu, jam 11 siang, baru selesai buat presentasi ilmiah gue masalah kaki gangren pada penderita DM (gak perlu gue bahas panjang lebar yah) buat persyaratan ujian di stase IPD. Tapi apa daya, ternyata hari sabtu harus libur Waisak. So, waktu 2 minggu yang dikasih buat gue supaya bisa ujian akhirnya gak terkejar. Sambil sholat jumat gue terpikir buat manfaatin waktu libur singkat ini buat traveling, sebelum masuk stase maha dahsyat melelahkan, BEDAH. Lagian gue juga gak mau meratapi kegagalan buat ujian gue.

Akhirnya, nyari tiket pesawat di waktu yang mepet itu, gue dapet tiket LION AIR jam 21.00 dari bandara Sepinggan Balikpapan ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan harga hanya 300 ribu rupiah. 300 ribu rupiah sodara-sodara. Harga yang menurut gue murah banget buat tiket mepet gitu.

Nah, pikiran gue ini pertanda bagus buat jalan-jalan pake biaya murah. Akhirnya gue estimasiin biaya perjalanan gue ini harus pas 2 juta, gak lebih boleh kurang. Hehe. Dan untungnya teman satu kos gue, TORO, kebetulan banget mau ke Balikpapan. Ya, bisa hemat 70 ribu lagi deh buat biaya travel ke Balikpapan (lagi hoki banget nih gue).

Nunggu Antrian (Pas ketemu temen gue mau ke Jogja).
Berangkat jam 16.00 dari Samarinda, perjalanan ini pun dipenuhi canda, tawa, dan asap rokok. Hehe (tapi gue jadi perokok pasif L). Sekitar jam 17.30, sempat buat istirahat dan makan sebentar di Tahu Sumedang dan lagi-lagi dapat traktiran dari mas INDRA. Belum keluar duit lagi gue.

Perjalanan ke Balikpapan kali ini emang agak lebih lama dari biasanya, karena ada kemacetan daerah batu ampar. Banyak alat berat yang parkir di pinggir jalan. Mungkin lagi ada perbaikan jalan. Dan waktu gue sampai di bandara jam 20.00. masih ada 1 jam sebelum take off. Dengan permintaan oleh-oleh sebelum masuk ke bandara, gue akhirnya say bye dengan teman-teman. Masuk lewat terminal B Sepinggan, bayar airport tax 40 ribu (duit gue akhirnya keluar juga), jam 20.30, gue tinggal duduk manis di ruang tunggu.

Jam 20.50, dapat panggilan buat boarding. Gue pun antri dengan kerumunan orang yang bahasa agak aneh di telinga gue. Ok, itu mungkin bahasa makassar. Dan jam 21.00, pesawat udah penuh terisi dan tinggal lepas landas (thanks god, LION AIR gak delay).

Penerbangan malam gini, gue gak bisa cerita banyak masalah keindahan langit. Apalagi foto-foto. Yang gue lakuin Cuma mikirin, itinerary gue buat jalan besok harus bisa tercapai semua. Jam 21.45, pesawat mendarat mulus di Sultan Hasanuddin Makassar. Ini pertama kalinya kaki gue menjejak di Sulawesi. Sekian lama jadi anak Kalimantan yang gak pernah pergi jauh, akhirnya gue bisa mengembara ke seberang Pulau.

Gue Cuma modal tas ransel hitam Diadora kesayangan gue, jadi gak perlu nungguin bagasi muter-muter deh. Oh ya, sebelumnya di Samarinda gue udah pesen penginapan sama jemputan di bandara. Soalnya gue pergi malem cuy. Gak sempet buat jalan-jalan nyari. Daripada gue tidur di bandara. Haha

Banner yang nyambut gue pas masuk bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Ruang Tunggu Bagasinya Mengkilap banget nih :)

Gue pesen taksi BOSOWA Cuma lewat BBM. (PIN BBM: 27F8227F / Taxi Bosowa On Net). Praktis banget deh. Taksi ini taksi Argo. Di Makassar ada dua jenis taksi yang bakal memuja-muja kamu kalau dari terminal kedatangan. Haha. Ada taksi sedan yang rata-rata pake argo, dan taksi mini suv (xenia, avanza gitu) yang pake tarif zona. Saran gue, kalau tujuannya yang deket dari bandara (daerah Panakukkang sekitarnya) mending pake argo. Kalau taksi zona lebih murah kalau jarak tempuhnya lebih dari 15 km. Pake Argo,biaya perjalanan gue dari bandara ke penginapan gue kemarin sekitar 65 ribu dalam waktu tempuh 30 menit. Kalau pake taksi zona, dimintanya bisa 100 ribu.

Dan gue menginap di wisma Fariz Makassar. Kenapa disini? Soalnya temen gue di Makassar ngasih saran buat tinggal disini dan udah di DPin juga. Dripada eksplore malem-malem kan?

Alamatnya di JL. Timah I Blok A24/No. 9A, Makassar, Sulawesi Selatan 90222, Indonesia. Tepat di belakang kantor PU dinas PU. Jalannya pun gak terlalu sulit buat dicari. Masuk dari samping jalan pelita raya, terus udah nemu deh jalan timah, dan ada plang neonnya. Biaya tinggal satu malam disini 125 ribu. Itu untuk kamar standar 1 bed dengan TV, lemari pakaian, meja kecil, kamar mandi dalam, dan kipas angin (gak bisa AC nih, gue alergi dingin. Hehe). Gak lupa juga ada selimut dan handuk. Oh ya, juga Udah dapat breakfast, roti bakar 2 sama teh manis dan laundry gratis. Lumayan kan? (websitenya Wisma Fariz)

Interior Kamar di Wisma Fariz

Ok, sampai di wisma, gue langsung istirahat. Udah terlalu lelah buat hari ini. Haha

Sampai jumpa di Part 3. (masih Berlanjut ya !!!!!)